Salah satu perhatian terbesar saya dalam membangun sebuah online shop adalah perhitungan ongkos kirim. Karena hal ini sangat-sangat membantu mempercepat proses transaksi, baik bagi pembeli maupun bagi penjual. Hal itu juga yang menjadi bahan pertimbangan saya dalam memilih engine e-commerce yang digunakan, terutama, apakah sudah ada yang membuatkan plugin shipping Indonesia (JNE/TIKI/POS etc.) untuk engine tersebut.

Setelah pencarian yang cukup ekstensif dalam memperbandingkan engine-engine e-commerce, perhatian saya terfokus pada sebuah plugin shipping buatan sodara Yudhi Jatnika di web www.pubreakweb.com. Awalnya coba menggunakan versi gratisnya yang ternyata cukup buggy dan perlu banyak tambalan code disana-sini. Baru saya tahu ada versi stabilnya yang berbayar. Dan langsung saya beli.

‘Kit’ yang didapat adalah plugin JNE shipping dan ringkasan data ongkos kirim JNE dari Jakarta ke seluruh Indonesia berbentuk CSV. Saya sebut ringkasan karena menurut developernya memang hanya mencantumkan kota-kota yang umum digunakan dalam pengiriman barang.

Respon dari developernya saya nilai baik, mengingat sepertinya ini merupakan usaha sampingan beliau. Dan setelah beberapa kali memberikan feedback kepada bro Yudhi dan ditanggapi dengan baik dan janji untuk memperbaiki pluginnya lebih baik lagi. Kebetulan malam ini saya menanti kabar mengenai perbaikan beberapa bug dan enhancement baru untuk pluginnya sehingga toko Tokozippo.com dapat melayani lebih baik lagi pelanggan-pelanggannya dari berbagai daerah. Karena beberapa kali ada pembeli yang daerahnya tidak tercantum terpaksa harus diakali dengan mengisi kota yang ongkirnya sama.

Saya pribadi sangat mengapresiasi usaha semacam pubreakweb.com, karena menurut saya yang pernah terjun di usaha IT, pekerjaan membuat dan menjual plugin engine-engine web yang populer sebetulnya memiliki peluang yang bagus untuk digeluti. Terutama jika digeluti dengan kejelian melihat kebutuhan pasar yang baik. Semangat terus bro Yudhi, sukses selalu 🙂