Ane teringsprirasi menulis topik ini dari reply-an bro @cokro™ berikut ini:

Quote Originally Posted by cokro™
ane sering banget dah nyimpen flint disitu tapi ane kalo gonta-ganti zippo cuman casingnya doangtapi insertnya digilir, cuman itu-itu aja

Segera teringat modus serupa dari brader Zippo lainnya waktu ngobrol-ngobrol dulu. Bagi brader yang punya lebih dari satu Zippo EDC (everyday carry, Zippo yang digunakan sehari-hari) atawa Zippo harian, adalah bijak untuk menggunakan taktik tersebut. Yaitu, menggunakan hanya satu insert Zippo untuk berbagai casing Zippo yang digunakan sehari-hari.

 

Kelebihan cara ini adalah:

  1. Anda tidak menemukan masalah flint wheel (roda pemantik) yang botak untuk jangka yang lumayan lama..Bayangkan Anda punya 5 EDC, dan hanya satu insert yang digunakan terus menerus. Misalkan umur roda pemantik sekitar 3-4 tahun (dengan pemakaian terus menerus). Maka begitu yang satu mulai botak, Anda masih punya 4 insert lagi, which is secara matematika berarti masih punya kesempatan selama 16 tahun untuk menikmati roda pemantik yang masih ok.Selama itu juga, Anda bisa menukarkan/garansi insert yang mulai botak itu ke Zippo, secara gratis (yang akhirnya gak bakal kepake semua tu 5 insert)
  2. Bisa memberi nilai lebih ketika Zippo tersebut akan dijual / barter. Karena kondisi insertnya bisa pakai yang masih mint alias belum pernah dipakai.

Ane sendiri gak konsisten make cara ini, yang pada akhirnya semua insert udah kepake Karena ane maunya praktis dan mikir emang Zippo EDC buat dipake (kecuali yang disimpan).

***catatan: Sebaiknya dicatat kombinasi pasangan insert dan casing dari kondisi awal zippo edc tersebut. Atau atur sedemikian rupa dari segi penempatannya sehingga kita bisa tahu mana pasangan yang mana. Ini sebetulnya sekedar catatan historikal Zippo tersebut. Bagi saya hal ini penting, tapi kalau Anda pikir sebaliknya, No Problem at all. Toh yang penting insert dan casingnya original