Stiker oranye Zippo atau kadang disebut segel oranye terkadang ditanyakan oleh para calon pembeli Zippo, terutama yang baru mulai mengkoleksi Zippo. Maksud dan tujuan pertanyaannya pun bermacam-macam. Opini saya pribadi berubah dari menyenangi stiker oranye tersebut sampai tingkat ’mengutuk’ pada akhirnya. Betapa tidak, stiker tersebut di Indonesia malah menjadi bahan bakar untuk mitos baru Zippo.

Fungsi Stiker Oranye Zippo

Ada yang mengatakan Zippo ber’segel oranye’ itulah zippo yang asli. Ada yang mengatakan Zippo bersegel oranye itu lebih prestise daripada yang tidak ada segel oranye nya. Padahal Zippo berstiker oranye hanya untuk Zippo yang dijual di Amerika karena alasan hukum.

Semua korek api yang diproduksi untuk pasar domestik AS harus memiliki label peringatan. Zippo yang di jual di negara-negara lain tidak (selalu) memiliki ini, karena perbedaan peraturan masing-masing negara. Coba digarisbawahi: untuk memenuhi aturan hukum Amerika, bukan membedakan produksi/kualitas, apalagi asli palsunya sebuah korek Zippo.

Berikut ini saya kutip nukilan peraturan yang dibuat oleh komisi perlindungan konsumen Amerika :

… Every manufacturer and importer of lighters subject to the standard must also label each lighter, must keep records of child testing in English on paper, microfiche, or similar media, and….

sumber: http://www.cpsc.gov//Global/Business-and-Manufacturing/Business-Education/Business-Guidance/Lighters/regsumlighters.pdf

Selama beberapa tahun stiker oranye Zippo sempat berganti desain dan material stikernya beberapa kali, namun kontennya tetap sama “KEEP AWAY FROM CHILDREN – THIS LIGHTER IS NOT CHILD RESISTANT – IGNITE LIGHTER AWAY FROM FACE – READ INSTRUCTIONS BEFORE USING (blah blah blah dalam berbagai bahasa)”.

Stiker oranyeJadi sekarang semua korek Zippo original yang Anda miliki baik itu Anda beli di Inggris, Jepang, Korea, Afrika, Indonesia (apalagi di Toko Zippo Nyenius :D) adalah produksi Amerika, M A D E  I N  U S A. Tak peduli berstiker oranye atau tidak.

Fungsi Stiker Oranye Zippo Bagi Penjual

Bagi saya sebagai penjual Zippo, stiker oranye Zippo berguna untuk melindungi barang dagangan. Kebayang kalau Zippo yang saya pajang di etalase tidak memiliki pelindung. Berbagai orang silih berganti pegang-pegang, buka tutup, colok cabut insert. Pasti dah baret-baret babak belur insertnya. Saya mengadopsi manfaat stiker oranye Zippo ini dengan cara melapisi Zippo di toko dengan plastik.

Stiker Oranye Zippo di Mata Kolektor

Bagi sebagian kolektor, stiker oranye justru merusak. Karena bagian yang ditutupi stiker oranye akan memiliki ’bikini line’ alias belang antara permukaan yang tertutup stiker oranye dengan yang tidak. Baik yang finishingnya metal (chrome) maupun yang matte (apalagi jenis brass/kuningan).

Dan saya pernah sekali terkecoh membeli Zippo tahun lama berstiker oranye, barangnya diklaim baru dan belum pernah dipakai. Setelah sekian waktu ada di tangan saya iseng saya buka, ternyata dalamnya dah dipakai -.-” dan penderitaan belum berhenti sampai di situ, sialnya lagi stiker oranye Zippo nya di LEM ulang sama pemilik sebelumnya pakai lem sejenis aibon, jadi TAMBAAAAAAH pe-er nya. Sapi!

Berikut ini seorang kolektor yang tergabung dalam klub ZEN (Zippo Enthusiast Network) memberikan tips trik mengoleksi Zippo, juga perlakuan dia terhadap stiker oranye pada zippo yang akan disimpan lama (hanya untuk koleksi):

Penutup

Jadi soal stiker oranye zippo , menurut saya jangan kita terkecoh oleh kecap penjual bahwa Zippo ber-stiker oranye itu yang asli, yang ini-yang itu, ditambah lagi asumsi sendiri. Padahal barangnya sama, diproduksi di pabrik yang sama, dengan mesin produksi yang sama, merk sama, bedanya ada yang ditempelin stiker warna oranye.

Dengan tulisan ini saya bermaksud meluruskan salah kaprah yang cukup merebak di kalangan kolektor Zippo pemula, bukan untuk merubah preferensi Anda dalam mengoleksi Zippo. Jika Anda suka mengoleksi stiker oranye zippo, monggo, silahkan, tidak ada pakem yang HARUS dalam hobi. Semoga tulisan ini bisa menjadi wacana tambahan kita semua.

Click you later! 😉