Kemaren pas bongkar-bongkar laci Zippo gak sengaja nemu beberapa selongsong insert lama. Ane mau rakit buat dimasukin superTank. Begitu selesai dipasang sumbu dan kapas ane nyalain dah tuh.

Ternyata nyalanya nggak lama, dan ujung-ujung sumbunya pada nyala terbakar, begitu apinya mati. Karena curiga ane bongkar, ternyata itu sumbu Zippo KW yang pernah ane bongkar. Akhirnya sekalian aja deh bandingin fisik sumbu kw sama ori.
Kondisi sumbu orisinil (potongan baru) setelah dinyalakan pertama kali:

Spoiler for :

Kondisi sumbu KW setelah dinyalakan pertama kali:

Spoiler for :

Sekarang kita bandingkan head-to-head:

  • Bentuk anyaman tali kapas berbeda, yang KW lebih rapat dan rapih, sedangkan yang ori lebih longgar
  • Anyaman tembaganya pun berbeda, yang ori bersilangan membentuk X, sedangkan yang KW hampir sejajar

**warna tembaga tidak dimasukkan ke dalam list diatas, karena awalnya sumbu KW itu warna tembaganya sama dengan yang ori, hanya saja sumbu KW dalam foto diatas sudah lama terpapar udara, sehingga teroksidasi dan menghitam.

Tapi ane pribadi belum puas dengan pembandingan ini, karena kurang fair, sumbu ori kondisinya baru, sedangkan sumbu KW sudah berumur sekitar 2 tahunan dan disimpan tanpa pelindung. Mungkin besok-besok mau cari sumbu KW buat dibandingin ulang. Sejauh ini, info di atas yang ane punya.

Mohon koreksi dan tambahkan kalau ada yang salah dan kurang.

Ane mau ngutip satu saran dari bro @godas mengenai ‘merawat sumbu‘ Zippo yang dipakai sehari-hari:

Kalo zippo ane udah hampir 7 bulan g ganti2 (g ditarik juga)..padahal uda item banget..tipsnya sederhana kok, rajin2 isi fluid jadinya yg kebakar minyaknya, bukan sumbunya…imho…

by: Godas

*Baca juga Membedakan Zippo Asli dan Palsu Secara Praktis